KONTAK KAMI | SITE MAPS

Sepuluh Fakta Tentang Mola mola, Sang Ikan Matahari yang Berasal dari Kedalaman

Artikel - 20 February 2017 13:05 PM Telah Dibaca 5k kali

0 0 0 13
Loading...

Ikan mola atau nama lainnya “sunfish”, merupakan satu makhluk terbesar dan paling unik bentuknya di laut. Mola-mola dapat dijumpai di seluruh samudra di dunia. Bahkan di perairan Indonesia sudah beberapa kali ditemukan. Tak banyak informasi yang diketahui tentang ikan besar yang ramah ini. Berikut ada beberapa fakta menarik dari ikan mola tersebut.

  1. Ikan mola mola merupakan ikan bertulang sejati yang terbesar. Ikan terbesar di dunia saat ini adalah ikan hiu paus, tetapi hiu paus merupakan ikan bertulang rawan (cartilage). Ikan mola mola terbesar yang pernah diukur mencapai ukuran panjang hingga 3 m dengan berat 2,3 ton dan rata – rata ikan mola mola yang dijumpai dapat mencapai berart hingga 1 ton. Hal ini menjadikan ikan mola mola merupakan ikan bertulang sejati yang terbesar.
  2. Nama mola berasal dari bahasa latin yang artinya adalah batu giling (millstone), dimana batu giling berbentuk bulat pipih, berat, berwarna abu abu dan digunakan untuk menggiling biji-bijian. Jadi penamaan mola mola merujuk pada bentuk tubuh ikan mola mola yang seperti batu giling.  Mola mola merupakan nama salah satu spesies ikan dari keluarga molidae, terdapat 3 spesies ikan mola lagi yaitu, Mola ramsayi (short mola), Masturus lanceolatus (sharptail mola), dan Ranzania laevis (slender mola) dimana Ranzania laevis merupakan spesies mola terkecil.    
  3. Ikan mola tidak mempunyai ekor. Ketika anda melihat ikan mola, anda akan menyadari bahwa bagian belakang ikan mola tampak tidak ada, ikan mola memang memliki ekor yang tidak biasa seperti ikan lainnya. Alih alih ekor, bagian belakang ikan mola merupakan semacam perpaduan antara sirip dorsal dan sirip anal yang disebut dengan clavus. Meskipun memiliki “ekor” yang “lemah”, ikan mola sering terlihat meloncat keluar dari air seperti paus.
  4. Ikan mola dapat berwarna coklat, abu abu, putih atau bahkan bercorak titik – titik. Selain warna yang beragam, kulit mola biasanya diselimuti oleh banyak lendir dan meskipun kulitnya terlihat halus, sebenarnya kulit mola terasa kasar bila diraba.
  5. Ikan mola terkenal sebagai pembawa parasit di tubuhnya, dalam suatu kasus pernah dijumpai 40 genera parasit yang menempel di kulit ikan mola. Untuk menghilangkan parasit – parasit tersebut, ikan mola biasanya “berjemur” dengan salah satu sisi dan juga meminta bantuan ikan pemakan parasit di perairan karang.
  6. Makanan kesukaan ikan mola adalah ubur ubur, selain ubur ubur ikan mola juga memakan salpa, ikan kecil, plankton, alga, moluska dan bintang laut. Di dalam lambung ikan mola juga terkadang ditemui sejenis larva belut laut dalam yang menandakan bahwa ikan mola mencari makan di permukaan air hingga dasar dan perairan dalam.
  7. Ikan mola memiliki gigi yang berbentuk seperti paruh burung.   
  8. Habitat ikan mola tersebar di seluruh perairan di dunia, kecuali kutub Utara dan Selatan. Ikan mola hidup di perairan tropis dan beriklim sedang, mereka dapat dijumpai di samudera Atlantik, samudera Pasifik, samudera Hindia dan laut mediterania.
  9. Ikan mola lebih banyak menghabiskan waktu di permukaan saat malam hari. Pada tahun 2005 – 2008 peneliti memasang tagging pada 31 ekor ikan mola di perairan Atlantik Utara. Dari data tagging tersebut didapatai bahwa ikan mola lebih sering menghabiskan waktu di permukaan saat malam hari dan menghabiskan waktu di kedalaman lebih banyak saat suhu air hangat, menurut peneliti perilaku tersebut disebabkan karena faktor kesediaan makanan.
  10. Ikan mola merupakan ikan tersubur di dunia. Satu ekor mola pernah didapati 300 juta telur di dalam ovariumnya (terbanyak di antara hewan bertulang belakang lainnya). Saat menetas, ukuran larva ikan mola berukuran sangat kecil (sekitar 2 mm) dan berbentuk seperti ikan buntal dengan duri – duri dan memiliki ekor. Semakin tumbuh besar, duri – duri dan ekor tersebut lambat laun akan menghilang, dan dari larva berukuran 2 mm, ikan mola akan terus tumbuh hingga mencapai ukuran 2m atau lebih saat dewasa.                                                                                                                                                           (Gigih)                                                                                                                                                        

Diterjemahkan secara bebas dari “10 Facts About Ocean Sunfish” oleh Jennifer Kennedy di situs http://marinelife.about.com/od/fish/tp/10-Facts-About-Ocean-Sunfish.htm dengan beberapa perubahan dari berbagai sumber. 

TERKAIT
POPULER
Top